Penjelasan Tentang Windows 7


          Windows 7 sudah resmi dirilis hampir beberapa tahun yang lalu, tetapi mungkin sebagian belum tahu tentang beberapa edisi Windows 7 yang banyak beredar. Tidak jarang Laptop baru disertakan dengan Windows 7 Starter. Tahukah apa beda edisi atau versi Windows 7 antara yang satu dengan yang lainnya ? Terdapat paling tidak 6 edisi Windows 7, yaitu: Windows 7 Starter, Home Basic, Home Premium, Professional, Enterprise dan Ultimate, lalu apa perbedaannya ?


              Windows 7 sudah resmi dirilis hampir beberapa tahun yang lalu, tetapi mungkin sebagian belum tahu tentang beberapa edisi Windows 7 yang banyak beredar. Tidak jarang Laptop baru disertakan dengan Windows 7 Starter. Tahukah apa beda edisi atau versi Windows 7 antara yang satu dengan yang lainnya ? Terdapat paling tidak 6 edisi Windows 7, yaitu: Windows 7 Starter, Home Basic, Home Premium, Professional, Enterprise dan Ultimate, lalu apa perbedaannya ?


              Meskipun terdapat 6 edisi yang berbeda, 3 edisi yang paling banyak beredar adalah Windows 7 Home Premium, Professional dan Ultimate. Sebenarnya edisi apapun, semua fitur windows 7 sudah ada didalamnya, hanya saja fitur-fitur tersebut hanya diaktifkan menyesuaikan edisi-nya. Untuk mengupgrade ke fitur atasnya, tidak perlu menggunakan DVD baru tetapi bisa menggunakan Windows Anytime Upgrade

              Versi Windows 7 dibagi menjadi 5 yaitu Home Basic, Starter, Home Premium, Professional, Enterprise & Ultimate (R / N)



Perbedaan Windows 7 64-bit dengan Windows 7 32-bit

            Ketika akan mendownload Windows 7 mungkin anda pernah mengalami sedikit bingung, karena ada Windows 7 32-bit dan Windows 7 64-bit. Lalu mana yang harus dipilih dan cocok dengan Laptop atau komputer yang anda miliki? Selain itu mungkin juga anda sedikit bingung apa sih bedanya antara Windows 7 32-bit  dengan Windows 7 64-bit? Inilah pertanyaan umum yang sering muncul.
>> Apa sih keuntungan menjalankan Windows 7 64-bit  dibandingkan Windows 7 32-bit?
Jika anda sering bekerja dengan ukuran file yang besar-besar  dan memakan memori yang banyak (misal video editing) tentu saja Windows 7 64-bit akan menjadi pilihan yang terbaik karena akan memberikan kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan Windows 7 32-bit. Seperti kita ketahui Windows 7 64-bit telah mensupport  memori sampai 192GB, sedangkan Windows 7 32-bit hanya 4GB untuk performa maksimum.  Keuntungan lain dari Windows 7 64-bit adalah dari segi keamanan, lebih aman dibandingkan Windows 7 32-bit, karena driver Windows 7 64-bit harus benar-benar tersertifikasi oleh vendor si pembuat hardware, jadi sangat sulit untuk disusupi oleh program jahat.
>> Apakah Laptop atau komputer saya bisa menjalankan Windows 7 64-bit?
Kalau anda baru membeli komputer sebuah komputer dengan teknologi terbaru dan terkini pada umumnya telah support dan mampu menjalankan Windows 7 62-bit, Kecuali jika prosesor yang anda gunakan merupakan prosesor yang lowend misal Laptop dengan Prosesor Intel Atom atau Intel Core Duo ke bawah. Namun jika anda menggunakan prosesor sekelas Intel Core 2 Duo maka bisa dipastikan bahwa komputer anda mampu dan bisa menjalankan Windows 7 versi 64-bit. Jika anda masih ragu-ragu ada baiknya guna program  Prosesor Identifikasi dari Intel untuk mengetahui apakah prosesor anda telah suppport Windows 7 64-bit  atau  tidak.
>> Bagaimana dengan Hardware lainnya misal Soundcard atau LAN Card?
Lihat tahun pembuatan dari hardware anda, apabila dibuat setelah adanya Windows Vista (3 tahun ke belakang) maka sudah bisa dipastikan hardware memang telah support Windows 7 64-bit, namun jika hardware yang anda pakai dibuat pada tahun-tahun sebelum Windows Vista hadir (misal tahun 2004 ke bawah), anda baiknya anda cek website dan vendor si pembuat hardware tersebut untuk mengetahui ada tidaknya driver untuk mensupport Windows 7 64-bit.
>>Apakah Driver untuk Windows 7 32-bit  bisa digunakan untuk Windows 7 64-bit ?
Jawabannya jelas sekali, Tidak. Windows 7 32-bit  mempunyai struktur yang berbeda Windows 7 64-bit.
>> Lalu bagaimana bila saya telah terlanjur menginstal Windows 7 64-bit sedangkan driver dari hardware yang saya miliki untuk Windows 7 32-bit?
Jangan kuatir dengan menggunakan Windows XP Mode (Virtual Mechine) di Windows 7  anda bisa menggunakan driver Windows 7 32-bit meski komputer anda telah terinstal Windows 7 64-bit
>> Bisakah saya menjalankan program Windows 32-bit di Windows 7 64-bit?
Dengan adanya teknologi WOW alias Win 32 on Win64 di Windows 7 tentu saja anda masih bisa menjalankan program Windows 32-bit di Windows 7 64-bit
>> Apakah bisa mengupgrade Windows 7 32-bit ke Windows 7 64-bit?
TIDAK. Untuk menginstall Windows 7 64-bit dari Windows 7 32-bit anda harus melakukan Installasi penuh alias tidak bisa mengupgrade langsung Windows 7 32-bit ke Windows 7 64-bit.
Dibawah ini adalah beberapa perbedaan penting antara versi Windows 7.

Cara Mengetahui Versi Windows 7 Yang Sedang Digunakan Asli (0riginal) / Bajakan

Microsoft merilis update yang akan membantu anda untuk mengkonfirmasi apakah Windows 7 yang diinstall di komputer anda asli atau tidak. Ini berlaku bagi 32 dan 64 bit.
Update ini akan diinstall dan melakukan validasi. Jika validasi error atau update mendeteksi adanya eksploit bajakan di Windows 7 anda, maka update akan menanyakan aktivasinya yang berarti kemungkinan besar Windows 7 anda bajakan.

Download Windows 7 Genuine Check Update untuk Windows 7 32 bit dan 64 bit
Biasanya Windows bajakan akan terdeteksi dengan software-software yang dibuat oleh Microsoft, oleh sebab itu jika anda tidak menggunakan yang Ori, sebaiknya menghindari software buatan Microsoft untuk mencegah watermark (Cap bajakan dari Microsoft) di komputer anda.

atau selain cara di atas, ada cara lain, yaitu dengan menggunakan software dari mocrosoftnya, nama softwarenya Microsoft Genuine Advantage Diagnostic tool.exe untuk mendapatkan softwarenya, disa dowload di sini lalu jalankan programnya kemudian klik continue seperti gambar di bawah ini :



Setelah itu tunggu beberapa saat programnya akan mengecek keaslian windowsnya,
ATAU GUNAKAN CARA INI

Perbedaan Lisensi Microsoft (OEM,FPP dan OLP) Windows 7

            OEM (Original Equipment Manufacturing),Lisensi melekat pada hardware dan tidak dapat ditransfer ke PC lain, sehingga jika hardware itu rusak, maka lisensi itu akan hangus. Jenis hardware disini adalah Procesor & Motherboard atau salah satunya.
Disaat kita melakukan aktivasi ada 10 jenis hardware yang akan diditeksi antara lain : Display Adapter, SCSI Adapter, IDE Adapter, Network Adapter MAC Address, kisaran ukuran RAM (0-64mb, 64-128mb, dll), Processor Type, Processor Serial Number, Hard Drive, Hard Drive Volume Serial Number, CD-ROM/CD-RW/DVD-ROM.
Product Key dan aktivasi per masing-masing komputer,1 lisensi berlaku untuk satu hardware dan COAnya (Certificate of Authencity = Bukti kepemilikan license) harus ditempelkan di CPU.

           OLP (Open License Program),Lisensi ini melekat atas nama Perusahaan/Organisasi yang bersangkutan dan dapat ditransfer antar PC dalam Perusahaan/Organisasi yang sama.
tersedia hanya untuk vista business versi upgrade saja (harus punya versi OEM dulu ) jadi kalo mo pake xp harus beli downgrade media installernya
dan juga bukan berarti beli satu bisa di install di semua komputer,minimal untuk pembelian pertama harus beli 5 lisensi,selanjutnya untuk pembelian OLP boleh satu saja ,
misalnya ,saya mo pake XP pro untuk 5 buah PC(karena menurut saya vista banyak problemnya) jadi saya harus beli vista business versi OEM(),kemudian beli lisensi OLP (5 buah(
setelah itu saya beli lagi media installernya untuk downgrade ke XP pro2.

          FPP (Full Package Product),Lisensi melekat pada pembeli atau pemilik,COA (Certificate of Authenticity) berada di box, dan pembuktian licensenya melalui box tersebut (BOX JANGAN SAMPAI HILANG).
Transferable (apabila komputer lama rusak, license dapat dipindahkan ke komputer yang baru).sekilas sama seperti OEM tpi keuntungannya kita bisa transfer ke komputer lain
kalau komputer kita rusak tapi bukan satu FPP bisa untuk semua komputer

          Pertanyaanya,bagus mana OEM,OLP atau FPP,jawabnya tergantung pemakai,klo perusahaan menengah mending OLP, bisa juga FPP,kalau pribadi sih bisa aja mo OEM atau FPP
daripada OEM kalau hardware rusak misalnya Display atau Network adapter bisa angus tuh lisensi

HARGA Windows 7

Akhirnya harga Windows 7 diungkapkan juga oleh Microsoft. Struktur perkiraan harga tersebut bisa dilihat di blog Windows Steam (www.windowsteamblog.com).
Harga eceran kebanyakan versi Windows 7 akan sama dengan apa yang selama ini diminta Microsoft untuk Vista. Ini dengan pengecualian Windows 7 Home Premium yang sedikit lebih murah dibandingkan Vista,
Di AS, Windows 7 Home Premium akan dihargai US$ 199,99 untuk versi full, atau US$ 119,99 untuk versi upgrade dari Vista. Menurut Microsoft, harga untuk versi Home Premium itu lebih murah karenan popularitas versi tersebut.
Windows 7 Professional versi full akan diberi bandrol harga US$ 299,99, atau US$ 199,99 untuk versi upgrade.
Sementara itu Windows 7 Ultimate dihargai US$ 319,99 (full package), atau US$ 219,99 untuk versi upgrade. Namun siapa pun yang membeli komputer dengan sistem operasi Windows Vista Home Premium, Business atau Ultimate setelah 26 Juni akan memperoleh upgrade gratis ke Windows 7.
Untuk AS, Microsoft juga mengumumkan harga promosi jika Anda melakukan pemesanan antara tanggal 15 Juli dan 14 Agustus. Pemesan dalam kurun waktu tersebut akan mendapat hargi US$ 49,99 untuk versi Home Premium, atau US$ 99,99 untuk versi Professional. Sayangnya promosi tersebut hanya berlaku untuk versi upgrade, bukan versi full
Untuk membeli  Windows 7, silhakan kunjungi  di situs reminya :


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

DOWNLOAD MUROTTAL M. THAHA AL JUNAYD

Cara Mengatasi Install Ulang Win 7 : Setup Was Unable To Create a New System Partition

TUTORIAL MEMBUAT BLOGSPOT